9 Tips Cara Merawat Organ Kewanitaan

Solusi-Wanita.net – Tips Merawat Vagina Organ Kewanitaan

Perawatan alat kelamin adakalanya perlu perawatan yang lain, dibandingkan yang lainnya. Selain lokasinya yang tidak terlihat secara langsung sehingga pengamatannya lebih susah. Tetapi perawatannya tetap harus dilakukan.

Dan berikut ini mengenaik tips merawat alat kelamin, Khususnya untuk kamu seorang wanita.

Vagina yang dimiliki oleh wanita mudah terkena infeksi dan iritasi, berbeda dengan penis yang dimiliki oleh pria karena sebagian besar kulit penis cukup tebal sehingga tahan terhadap iritasi dan infeksi.

Didalam merawatnya seringkali salah, seperti contoh wanita serih membersihkan alat kelaminnya menggunakan sabun biasa atau cairah pembersih yang tidak jelas komposisi kandungannya, atau menaburi bedak, bahkan menyemprotkan parfum didalam vagina.

Lantas bagaimana cara merawat yang benar ?

Berikut ini beberapa tips merawat alat kelamin yang bisa kamu lakukan untuk kesehatan reproduksi organ intim kamu.

  1. Setelah Buang Air Kecil dan Besar

Usahakan untuk selalu menyiram dengan air dengan arah depan ke belakang dan bukan sebaliknya. Hal ini untuk mencegah masuknya kuman dari dubur ke vagina.

  1. Kebersihan Pakaian Dalam

Sepatutnya dalam sehari, minimal mengganti pakaian dalam sebanyak dua kali untuk menjaga kebersihan. Selain itu pilihlah bahan celana dalam yang dapat mudah menyerap keringat, karena jika tidak jamur bisa menempel di alat kelamin.

  1. Menggunakan Toilet Umum

Siramlah sebelum menggunakan (flushing), hal ini untuk mencegah penularan jika ada pengguna lainnya adalah penderita penyakit kelamin.

Sebaiknya gunakan selalu air yang keluar melalui keran atau tissu dan hindari penggunakan bak/ember, karena menurut penelitian air yang tergenang di toilet umum mengandung 70% jamur candida albicans (penyebab keputihan dan rasa gatal pada vagina).

  1. Merawat Rambut yang Tumbuh Di Sekitar Alat Kelamin

Hindari membersihkan bulu di daerah kemaluan dengan cara mencabut karena akan ada lubang bekas bulu kemaluan tersebut dan menjadi jalan masuk bakteri, kuman, dan jamur. Selanjutnya dapat menimbulkan iritasi dan penyakit kulit.

  1. Pemakaian Pantyliner (Pembalut)

Pemakaian pantyliner tidak dianjurkan digunakan setiap hari, sebaaiknya pantyliner hanya digunakan ketika keputihan. Akan lebih baik jika membawa celana dalam pengganti daripada menggunakan pantyliner tiap hari.

  1. Hindari Menggunakan Celana Dalam Dan Celana Jeans Yang Ketat

Jika menggunakan celana seperti ini di wilayah selakangan dapat menyebabkan kulit susah untuk bernafas dan akhirnya dapat menyebabkan daerah tersebut berkeringat, lembab, mudah terkena jamur dan iritasi.

  1. Hindari Menyamprot Minyak Wangi/Parfum Ke Dalam Vagina

Banyak yang berpikiran hal ini akan bisa menghilangkan bau tidak sedap pada vagina. Memang benar, namun perlu kamu ketahui bahwa hal tersebut salah. Karena tanpa Anda sadari kandungan yang ada didalam parfum bisa mengancam kesehatan vagina Anda.

  1. Setia Pada Pasangan Sendiri

Hal ini juga merupakan salah satu tips menjaga dan merawat alat kelamin, hindari untuk ‘jajan’ atau selingkuh.

  1. Lakukan Pemeriksaan Secara Rutin

Hal ini bertujuan untuk mengamati perubahan yang terjadi pada organ intim kamu. Jika terjadi perubahan, maka akan bisa kamu ketahui sejak dini.

Nah itulah sekedar tips merawat alat kelamin, dengan menjaganya dapat mencegah terjadinya penyakite kelamin.

Semoga bermanfaat !!

Jangan lupa Share jika menurut Anda info ini bermanfaat.

Both comments and pings are currently closed.

Comments are closed.