Manfaat Alami Tumbuhan Pacar Cina

Anda tahu tumbuhan Pacar Cina ?

Tumbuhan yang memiliki nama berbeda di setiap daerahnya merupakan tumbuhan yang sebenarnya kaya akan manfaat.

Tumbuhan ini di daerah sumatera disebut dengan nama pacar cina, culan (Melayu). Sedangkan pada daerah jawa disebut dengan pacar culam. Dan pada daerah asing, tumbuhan ini disebut dengan  Mi Zi lan.

Tumbuhan pacar cina sering ditanam di kebun dan pekarangan sebagai tanaman hias, atau tumbuh liar di ladang-ladang yang cukup mendapat sinar matahari. Tumbuhan ini didatangkan dari cina. Bunganya sering digunakan untuk  mengharumkan teh atau pakaian.

Ciri-ciri tumbuhan yang satu ini adalah dari tingginya sekitar 2-6 cm, batang  berkayu, bercabang banyak, tangkai berbintik-bintik kelenjar berwarna hitam. Sedangkan pada daunnya majemuk menyirip ganjil yang tumbuh berseling, anak daun 3-5.

Lalu Apa Sifat dan Khasiat Pacar Cina ?

Sifat dan Khasiat

Pacar Cina bersifat pedas, manis, netral, masuk meridian paru, lambung, dan hati. Sedangkan untuk khasiatnya sendiri yakni untuk mengurangi darah haid dan menetralkan haid.

Kandungan Kimia

Daun pacar cina mengandung minyak asiri, alkaloid, damar, garam mineral, dan tanin. Kemudian untuk bagian tumbuhan  yang digunakan yakni bagian bunga, daun, batang, dan ranting.

Indikasi Pacar Cina

  1. Khasiat Bunga Pacar Cina

  • Perut kembung
  • Sukar menelan, batuk, pusing
  • Mempercepat persalinan
  1. Khasiat Daun Pacar Cina

  • Memar, bisul
  • Darah haid banyak
  • Bau badan
  • Diare

Bagaimana cara menggunakannya ?

Untuk cara pemakaian pacar cina sebagai obat dalam Anda hanya cukup menyiapkan daun, bunga, atau ranting sebanyak 5-15 g kemudian di rebus, setelah itu lalu di minum. Jangan lupa untuk menyaringnya terlebih dahulu.

Dan untuk pemakaian sebagai obat luar, siapkan batang, ranting atau dau digiling halus lalu dibubuhkan ke tempat yang sakit.

Contoh Pemakaian

  • Darah Haid Banyak

Daun pacar cina segar sebanyak 1 genggam penuh dicuci bersih lalu direbus dengan 2 gelas sampai tersisa 1 gelas. Setelah dingin disaring dan diminum. Sehari 2 kali, masing-masing ½ gelas.

Daun pacar cina segar sebanyak 10 g dan daun sirih sebanyak 7 lembar dicuci lalu direbus dengan 2 gelas air bersih sampai tersisa 1 gelas. Setalah dingin kemudian saring, dan minumlah 2x sehari padi dan sore hari, masing-masing ½ gelas.

Catatan.

*Perempuan hamil dilarang minum.

Both comments and pings are currently closed.

Comments are closed.